www.theagentseries.com
August 18, 2017, 8:01 PM
  Follow us:
Home       About Us       News & Events       Articles       Stores       Gallery
XC
AM
FR
DH
TR
TX
Home > Articles > Bersepeda ke Kantor? Seru!
Articles
Ada 10 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
Bersepeda ke Kantor? Seru!
4 Langkah Langsing dengan Sepeda
Bersepeda ke Kantor? Seru!

Olin (22), seorang sekretaris, mengatakan bahwa setiap pagi (di hari kerja), begitu bangun tidur, ia langsung melesat pergi ke kantornya, sekitar 12 km dari rumahnya. Maklum, tak seperti karyawan pada umumnya, ia ngantor dengan mengayuh sepeda yang dibelinya setahun lalu. “Saya sering bangun kesiangan, apalagi bila malamnya lembur. Kalau terbangun lewat pukul 6 pagi, apa boleh buat, saya terpaksa langsung ambil sepeda dan berangkat, untuk menghindari macet. Jadi, jangankan mandi, gosok gigi pun sering kali tak sempat,” katanya, sambil tertawa.

PEREDA STRES & IRIT
“Ke kantor nggenjot sepeda? Enggaklah, ya…,” begitulah umumnya komentar sebagian besar wanita perkotaan, biasanya dengan sedikit menjerit ngeri. Sudah terbayang badan yang keringatan, penuh debu, dandanan belepotan, rambut yang sudah di-blow jadi kempes lagi (karena tertutup helm), risiko terserempet atau tertabrak kendaraan bermotor, serta sejuta bayangan seram lainnya. Belum apa-apa, banyak yang ‘merinding’ duluan. Namun, belakangan ini, wanita pesepeda memang kian mudah dijumpai di jalanan kota-kota besar. Di antara kelompok-kelompok pesepeda yang terdiri dari tiga-empat orang, biasanya ada saja terselip wanita. Beriringan, mereka ‘merayap’ di antara kemacetan lalu lintas menjelang dan usai jam kantor.

Toto Sugito (44), ketua komunitas Bike to Work atau biasa disingkat B2W menyebutkan, B2W kini memiliki lebih dari 5.000 anggota, dan sekitar 40% dari jumlah itu adalah wanita (disebut Women B2W atau Ladies B2W). Padahal, saat dideklarasikan 4 tahun lalu, anggotanya baru 400-an. Kini B2W sudah punya cabang di berbagai kota, antara lain Bogor, Bandung, Yogya, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, dan Batam.

Bersepeda ke kantor sekadar gaya-gayaan, hanya supaya dibilang peduli lingkungan? Tentu tidak. Ada banyak alasan kenapa mereka memilih sepeda sebagai alat transportasi pergi-pulang kantor. Tapi, alasan utama hampir setiap anggota B2W yang femina temui adalah membebaskan diri dari stres akibat kepungan kemacetan.

Maklumlah, kemacetan lalu lintas di kota-kota besar, apalagi Jakarta, sudah melampaui ambang batas kesabaran manusia. Akibatnya, kini jarak dan waktu tempuh nyaris tak bisa diperkirakan. Misalnya, jarak Kuningan-Mampang yang sekitar 5 km, dalam keadaan macet parah, ternyata bisa menghabiskan waktu hampir satu jam!

Menggenjot sepeda ke tempat kerja sebetulnya bukan hal baru bagi wanita Indonesia. Sejak zaman baheula, saat kendaraan roda empat dan roda dua bermotor masih amat langka dan hanya bisa dimiliki segelintir orang, gerakan bersepeda pergi-pulang ke tempat kerja, sudah menjadi pemandangan umum setiap pagi dan sore di banyak tempat.

Bagaimana kalau hujan? Ternyata, banyak yang tetap turun ke jalan. Toh, kini banyak tersedia jas atau mantel hujan yang kedap air dan nyaman dipakai. Tapi, kalau hujan turun di saat Anda mau pulang kantor, sehingga malas naik sepeda (tapi keesokan harinya tetap ingin bersepeda ke kantor), tak perlu punya serep sepeda. Lebih baik Anda memilih sepeda lipat. Jadi, kalau sedang malas bersepeda, Anda bisa membawanya di dalam bagasi mobil atau taksi saja.

Yang juga perlu disadari penuh adalah situasi jalan raya di Indonesia, terutama di kota-kota besar, yang belum ramah bagi para pesepeda. Karena itu, mau tak mau para pesepeda harus ekstra hati-hati di jalan, terutama saat harus ‘bertarung’ mendapatkan lahan jalan di antara berbagai jenis kendaraan bermotor. Agar konsentrasi tidak terpecah, hindari bersepeda memakai earphone (baik untuk menelepon atau mendengarkan lagu) pada saat bersepeda di jalan raya! Penulis: Heryus Saputro, Tina Savitri

Sumber : femina-online.com

Main Navigation
  Home
  About Agent Series
  News & Events
  Articles
  Contact Us
  Sitemap
Product Overview
  Adrenaline Agent Series
  Thrill Agent Series
  Sneak Peek
  Previous Products
  Showroom and Stores
  Products Comparison
Member Area
  Member Login
  My Inquiry Cart
  Download (PDF)
  Frequently Ask Question
  How To Buy
Subscribe to Newsletter
Your Name
Email Address
© 2011-2017 Agent Series. All rights reserved.