www.theagentseries.com
May 24, 2017, 7:25 AM
  Follow us:
Home       About Us       News & Events       Articles       Stores       Gallery
XC
AM
FR
DH
TR
TX
Home > Articles > Ada 10 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
Articles
Ada 10 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
Bersepeda ke Kantor? Seru!
4 Langkah Langsing dengan Sepeda
Ada 10 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
       Bersepeda merupakan olahraga murah, meriah, dan sangat menyehatkan. Olahraga bersepeda juga merupakan kegiatan olahraga yang dapat diikuti oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bahkan sampai lanjut usia.
Selain itu, olahraga bersepeda juga tidak memandang kelas, jenis kelamin, dan status para pesepeda. Sepanjang dirinya sehat, bisa naik sepeda dan memiliki sepeda, maka ia akan dapat mengikuti olahraga bersepeda.
      Pimpinan Radio republik Indonesia mendukung penuh kegiatan Indonesia bersepeda. Saat pencanangan start secara nasional Indonesia bersepeda di RRI Bandung, banyak pimpinan RRI yang hadir. Selain Ketua Dewan Pengawas LPP RRI Zulhaqqi Hafiz dan Dirut RRI Niken Widiastuti, juga hadir anggota Dewan Pengawas RRI Dwi Hernuningsih, Direktur SDM dan Umum Dadi Sumihardi, Direktur Keuangan Anhar Achmad, Direktur Layanan Usaha Hasto Kuncoro, Kepala Pusat Pemberitaan Sudiman Bonavarte, Kepala RRI Jakarta Ersna Prahesti, dan tuan rumah Kepala RRI Bandung, Martoyo. Kegiatan Indonesia bersepeda di seluruh stasiun RRI berlangsung semarak. 
RRI mendukung penuh bangsa ini untuk sehat, di antaranya dengan olah raga sepeda.
Setidaknya ada 10 manfaat bersepeda bagi setiap pesepeda.
    10 Manfaat Sehat Olahraga Menggunakan Sepeda | Tentu saja olahraga memakai apapun atau dengan cara apapun selalu berdampak baik untuk kesehatan tubuh kita. Olahraga secara teratur akan membuat tubuh kita lebih bugar, fresh danlebih tahan terkena serangan penyakit. Begitupun juga berolahraga menggunakan sepeda. Setidaknya ada 10 manfaat olahraga menggunakan sepeda. Mengayuh sepeda akan memperkuat otot pada bagian tubuh kita, termasuk meningkatkan stamina. Berikut 10 manfaat sehat olahraga menggunakan sepeda.
Kebanyakan orang setuju bahwa olahraga secara rutin penting dilakukan. Agar tubuh tetap sehat, seseorang butuh berolahraga setidaknya selama 30 menit; itu setara dengan berjalan 10.000 langkah atau 8 kilometer bersepeda.
Sepeda merupakan suatu alat transportasi yang dijadikan sebagai media rekreasi sekaligus olahraga. Selain menyehatkan raga, bersepeda, juga dapat menjaga kesehatan jiwa Anda. Mengendarai sepeda dapat dinikmati oleh semua orang dengan segala usia, juga dapat dilakukan dimana dan kapan saja.
Bukan hanya itu, berikut sejumlah alasan mengapa bersepeda sangat perlu dilakukan oleh Anda :
  1. Jaga sistem kekebalan tubuh : Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan berbagai bentuk penyakit sitemik. Penelitian menunjukkan bahwa aktifitas tingkat sedang, seperti bersepeda, dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan kontribusi untuk hidup sehat. Selain itu, sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan aktivitas melawan tumor serta membantu pencegahan penyakit yang terkait–dengan tumor.
  2. Otot menjadi kuat : Selama bersepeda, sebagian otot-otot tubuh diaktifkan. Otot kaki yang bertanggung jawab untuk mengayuh pedal sepeda; otot perut dan punggung menstabilkan tubuh di sepeda dan bantalannya dari pengaruh ekdternal; dan sistem otot lengan dan bahu mendukung tubuh agar kuat memegang setang sepeda. Semua pelatihan dan pengencangan sistem otot ini, membuat otot semakin kencang dan mampu berfungsi secara efisien.
  3. Perkuat sistem kerangka : Bersepeda memiliki efek positif pada kepadatan dan kekuatan tulang sehingga, secara otomatis, kerangka pun menguat. Selain itu, seperti yang telah dikemukakan di atas, bersepeda dapat menguatkan otot, dan otot yang kuat mampu melindungi sistem kerangka.
  4. Cegah timbulnya penyakit tulang belakang dan sakit punggung : Postur tubuh ketika bersepeda sangat baik dan gerakan siklis pada kaki merangsang otot-otot di punggung bawah. Dengan cara ini, tulang belakang diperkuat dan dilindungi terhadap stres eksternal. Keistimewaan lain dari bersepeda adalah dapat merangsang otot-otot kecil dari vertebra yang mana sulit untuk dilakukan oleh jenis latihan lainnya. Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan sakit punggung dan masalah lainnya.
  5. Kurangi stres mental : Bersepeda memiliki efek relaksasi yang besar karena gerakan sikliknya yang seragam dapat menstabilkan fungsi tubuh, baik dari segi fisik dan mental. Sehingga mampu melawan kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya. Bersepeda juga mempu mengontrol keseimbangan hormonal.
  6. Cegah penyakit jantung dan kardiovaskuler : Jantung merupakan organ terpenting untuk terciptanya kehidupan yang sehat, akan tetapi jantung bisa rusak jika memiliki gaya hidup yang tidak aktif. Bersepeda merupakan bentuk latihan yang sangat ideal agar jantung lebih kuat karena berkurangnya stres pada jantung. Selain itu semua faktor risiko yang menyebabkan serangan jantung berkurang dan dengan bersepeda secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung sebanyak lebih dari 50 persen.
  7. Turunkan tekanan darah : Bersepeda, tingkat moderat, dapat mencegah atau setidaknya mengurangi tekanan darah tinggi sehingga mampu mencegah struk atau kerusakan organ. Tekanan darah juga berkurang dengan menurunnya denyut jantung, dan hal ini merupakan hasil dari bersepeda dengan teratur.
  8. Stamina : Bersepeda adalah olahraga aerobik yang baik karena, bersepeda, memberikan tegangan/ tekanan lebih sedikit dibandingkan dengan olahraga ketahanan lainnya. Dengan meningkatnya stamina, keletihan dan kelelahan mampu dikurangi serta dapat meningkatkan perasaan yang sejahtera.
  9. Mudah dilakukan : Sangat mudah bagi sendi Anda karena bersepeda merupakan bentuk latihan yang tidak berat. Anda dapat melakukannya pada setiap tingkat intensitas, sehingga membuat bersepeda menjadi olahraga yang cocok bagi orang-orang dengan segala usia dan tingkat kebugaran.
  10. Melindungi bumi : Memilih sepeda untuk dijadikan alat transportasi harian Anda dan mengurangi perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor, akan mengurangi emisi gas rumah kaca, biaya pemeliharaan jalan, serta berkontribusi untuk mencegah kemacetan. Bersepeda selama 25 menit setiap harinya, Anda mampu menyimpan sekitar 165 kg karbon dioksida selama satu tahun.
Sumber : rri.co.id
 
Main Navigation
  Home
  About Agent Series
  News & Events
  Articles
  Contact Us
  Sitemap
Product Overview
  Adrenaline Agent Series
  Thrill Agent Series
  Sneak Peek
  Previous Products
  Showroom and Stores
  Products Comparison
Member Area
  Member Login
  My Inquiry Cart
  Download (PDF)
  Frequently Ask Question
  How To Buy
Subscribe to Newsletter
Your Name
Email Address
© 2011-2017 Agent Series. All rights reserved.